Oleh: harunministry | Januari 24, 2009

Pdt. Indri Gautama

PENGAJARAN : PDT. INDRI GAUTAMA

TAKUT AKAN TUHAN

Pdt. Indri Gautama

 

“Apa Isi Gereja Tuhan Saat Ini?”

Mari kita melihat pada gereja mula-mula, ada perbedaan antara orang yang datang ke gereja karena pertobatan murni dan sekedar bergabung dengan organisasi. Ini dapat terlihat dengan jelas pada gereja mula-mula sebab kemuliaan Allah dalam kepenuhan-Nya hadir dalam setiap pertemuan orang-orang percaya. Dalam Kisah para Rasul 4:32-37 dijelaskan gaya hidup jemaat mula-mula, pada masa itu ada kesehatian, sejiwa dan sepikir dengan firman Tuhan. Mereka hidup dengan kasih karunia Tuhan yang melimpah dan dengan kuasa yang besar. Kisah Para Rasul 4:33 “…Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.” Akibat kesatuan itu ada kuasa Tuhan dan kasih karunia yang berlimpah (34) Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa  (35) dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.”…

Yusuf yang disebut Barnabas, ia menjalani gaya hidup seperti ini, ia menyerahkan seluruh penjualan ladangnya di depan kaki para rasul. Mari kita melihat lebih jelas apa yang dilakukan Barnabas dengan uangnya. Barnabas memberikan seratus persen hasil penjualan ladangnya.
(36) Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.
(37) Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul. Kisah Para Rasul 4:36-37

Ada juga pasangan suami istri yang bernama Ananias dan Safira yang melakukan hal tersebut, mereka mempersembahkan uang hasil penjualan dari tanah mereka kepada rasul Petrus. Bedanya pasangan suami istri Ananias dan Safira melakukan hal ini bukan dari perintah Tuhan tetapi dari keinginan mereka sendiri untuk mendapatkan kehormatan dari manusia. Dengan munafik dan licik mereka bergaya memberikan semua hasil dari penjualan tanah tersebut tetapi yang sebenarnya masih ditahan separuh dari hasil penjualan itu untuk diri mereka sendiri. Mereka berdusta dan pada waktu Ananias membawa sebagian dari hasil penjualan itu kepada rasul Petrus yang penuh dengan kemuliaan Allah, atas dorongan dari Roh Kudus Rasul Petrus menyingkapkan kondisi hati Ananias yang sesungguhnya.

Kisah Rasul 5:3-4
(3)Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
(4)Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”

Kisah para Rasul 5:8-9
(8)Kata Petrus kepadanya: “Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?” Jawab perempuan itu: “Betul sekian.”
(9)Kata Petrus: “Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.”
Kita bisa melihat perbedaan antara orang yang melakukan firman Tuhan dengan ketaatan dan mereka yang mentaati karena untuk reputasinya sendiri?

Dalam hadirat Tuhan kondisi hati manusia ditelanjangi. Kenapa ini bisa terjadi, sebab seperti yang telah dijelaskan dalam Matius 10:26 Yesus berkata …”Jadi janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.”…

Ibrani 4:12-13
(12) Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
(13)Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

Dikatakan pada Kisah Para Rasul 5:11-15
(11) Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.
(12) Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat.
(13) Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak.
(14)Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan,
(15) bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.

Kita perhatikan pada ayat-ayat di atas ini walaupun seluruh jemaat sangat ketakutan tetapi semakin lama jumlah orang yang percaya kepada Tuhan semakin bertambah. Sebab orang-orang yang bertobat murni kepada Tuhan dilahirkan dalam kemuliaan Allah yang luar biasa.

Nyawa Ananias dan Safira putus seketika itu juga dan mereka langsung dikuburkan. Di hadapan hadirat Allah semua dosa tersembunyi akan terbongkar. Ananias dan Safira tidak dapat bertahan dalam alam kemuliaan Allah yang begitu kuat dan faktanya orang-orang yang sakit di tengah jalan dibangkitkan karena terkena bayangan Petrus, mereka menerima kesembuhan secara instan. Dan bagi mereka yang tidak mengenal hati Allah juga bisa mati instan karena mereka mencoba masuk dalam hadirat-Nya dengan hati yang berdosa. Tetapi dalam alam mujizat dan berkat yang berkelimpahan dosa tersembunyi di hati manusia bisa lolos. Contohnya, selama orang Israel hidup di padang gurun mereka berada di bawah alam berkat tetapi Allah menyembunyikan kemuliaan-Nya di gunung Sinai. Dan mereka tidak bisa mendekat, berbeda dengan Musa yang suka bergaul dengan Allah di gunung Sinai karena hati Musa takut akan Allah sehingga hatinya menjadi suci.

Saudara-saudara pada waktu dosa bertemu dengan kemuliaan Allah pasti ada reaksi yang terjadi, dikatakan dalam Ibrani 12:29 … “Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.”… Kita bisa lolos saat ini dari penghakiman Tuhan bukan berarti Tuhan lalai dengan penghakiman-Nya. 2 Petrus 3:9 …”Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.” Allah itu panjang sabar dan kebaikan-Nya menuntun kita pada pertobatan (Roma 2:4) Kita, sebagai orang yang sudah bertobat harus hidup semakin saleh dan suci untuk mempercepat kedatangan Yesus. Ingat hari Tuhan akan segera tiba Ia datang seperti pencuri.

2 Petrus 3:10-11
(10) Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.
(11) Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup

Kami percaya ada pemulihan yang dibawa Tuhan pada gereja-Nya dan berita ini harus terus disampaikan kepada banyak orang untuk mempersiapkan kedatangan Yesus kedua kalinya. Beritakanlah firman Tuhan dengan tidak jemu-jemu. Umat Tuhan harus mengenal sisi kemurahan dan kekerasan-Nya karena kekudusan kita disempurnakan dalam takut akan Allah.

Pesan Tuhan di akhir pelajaran ini!
Kisah Para Rasul 3:19-21
(19) Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
(20) agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.
(21) Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: